Tips Memilih Jodoh Ala Nabi

Tips Memilih Jodoh Ala Nabi – Jodoh di tangan Tuhan demikianlah kata-kata yang sering muncul dari kalangan muda usia nikah. Meskipun begitu, bukan berarti untuk mendapatkan jodoh kita hanya berdiam diri menunggu takdir ilahi. Perlu ada upaya dari kita dalam mencari jodoh agar sesuai dan tepat untuk meniti kehidupan bersama.

Demikian halnya dengan Anda, bila ingin mendapatkan jodoh yang sesuai dengan pribadi Anda dan dapat berjalan harmonis dalam berkeluarga. Islam sebagai agama yang mengatur segala hal, juga memberikan tipsĀ  yang terbukti manjur dalam mencari pasangan hidup.

Dalam sebuah hadits Nabi dijelaskan secara rinci 4 (empat) tips memilih jodoh menurut Islam. Adapun detailnya adalah sebagai berikut:

1 Pilihlah Karena Agamanya

Dalam mencari jodoh hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah kualitas ketaatan calon Anda dengan agama. Dengan ketaatannya calon Anda dapat membimbing dan mengingat kan untuk selalu bertaqwa. Kriteria ini adalah aspek paling dianjurkan Nabi dalam mencari jodoh. Bahkan, dinyatakan bahwa jika kriteria lain tidak terpenuhi, minimal pilihlah calon istri atau suami karena agamanya.

2 Pilihlah Karena Rupanya

Hal kedua yang juga harus Anda pertimbangakan dalam memilih jodoh ini adalah rupa wajahnya, cantik atau tampannya. Pertimbangan dari segi fisik ini tentu tidak bisa dipungkiri oleh siapapun. Setiap mereka yang mencari jodoh pasti akan mempertimbangkan hal ini. Nabi pun juga menganjurkan hal ini, saat proses perkenalan keduanya dianjurkan untuk saling melihat muka masing-masing, dan mempertimbangkan unsur rupa. Apakah cocok atau tidak, sesuai atau tidak dan seterusnya.

3 Pilihlah Karena Nasabnya

Nasab atau keturunan juga menjadi aspek penting ketika Anda menentukan Jodoh Anda. Dalam memilih nasab ini hal yang perlu Anda perhatikan adalah unsur sederajat atau sekufu. Anda tidak dianjurkan mencari jodoh dengan orang yang nasabnya lebih tinggi dari Anda, sebab ini justru akan mempersulit Anda dalam beradaptasi. Sebaliknya, jangan memilih yang terlalu rendah, karena Anda cenderung tidak cocok dan tentu sulit beradaptasi juga. Pilihlah nasab yang sesuai dengan Anda. Berkaitan dengan nasab ini, hal penting yang harus diperhatikan adalah bagaimana tindakan orang tua mereka, bagaimana cara mendidiknya, sebab ini sangat berkaitan dengan perilaku calon Anda.

4 Pilihlah Karena Hartanya

Pertimbangan lain dalam memilih jodoh adalah carilah pasangan yang telah mapan hartanya atau minimal mampu bertanggung jawab dalam menafkahi keluarga. Apabila Anda laki-laki, minimal pilihlah wanita yang siap meniti kehidupan dengan harta secukupnya, wanita yang siap mendukung Anda baik dalam keadaan lapang harta atau kekurangan.

Kriteria harta ini menempati urutan terakhir dalam proses menentukan jodoh. Jadi bila sudah ada tiga kriteria di atas dan Anda tidak menemukan kriteria yang satu ini pada diri seseorang. Anda bisa mengabaikannya. Sebab, harta bisa dicari kapan saja, sedangkan agama, nasab, dan wajah tentu tidak bisa dicari.

Dalam menentukan jodoh, Anda tidak boleh berdiam diri saja, Anda juga harus tetap berusaha. Meskipun jodoh adalah takdir, tapi usaha Anda tetap akan diperhitungkan sebagai amal yang akan bermanfaat di kemudian hari.

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam proses memilih jodoh ini adalah bahwa Anda harus terlebih dahulu mengenali diri sendiri. Tanpa mengenali diri sendiri Anda tidak mungkin bisa mengetahui kebutuhan Anda, karena tidak mengetahui apa yang dibutuhkan, hampir dipastikan Anda akan memilih sesuai yang tidak sesuai dengan diri Anda.

Demikianlah tips memilih jodoh ala Nabi yang dapat Anda terapkan, hal yang paling utama adalah pilihlah jodoh karena agamanya.

Selain melakukan tips diatas anda juga bisa gunakan sarana spiritual dari Mbak Hidayah yang lebih cepat dan praktis untuk mendapatkan jodoh. Silahkan Klik Gambar Dibawah ini

Comments are closed.