Cara Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga Agar Tidak Berlebihan

Cara Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga Agar Tidak BerlebihanDalam kehidupan berumah tangga, banyak sekali hal-hal yang harus dipikirkan dan juga didiskusikan dengan pasangan. Salah satunya ialah mengatur keuangan yang ada supaya tidak jadi berlebihan.

Mengatur keuangan ini merupakan salah satu hal yang sulit, karena ada dua orang atau dua kepala yang berbeda dalam rumah tangga dan harus mencari solusi yang terbaik baik bagi suami maupun istri.

Adapun, islam sendiri telah menjelaskan dengan sangat baik bagaimana cara untuk mengatur keuangan di dalam rumah tangga dengan baik dan benar. Semuanya juga telah dirangkum dalam beberapa tips yang akan dibahas di bawah ini!

 

Membangun Skala Prioritas

Membangun skala prioritas sangatlah penting agar tidak terjadi pemborosan atau membeli sesuatu dengan cara yang berlebihan. Setidaknya dengan cara mengatur keuangan dalam rumah tangga ini kita bisa sedikit mengerem keinginan dan lebih mengutamakan yang namanya kebutuhan. Belilah sesuatu yang memang benar-benar dibutuhkan dan bukan hanya berdasarkan dari keinginan saja.

Misal, dalam hal membeli ponsel, kita ingin menggantinya dengan keluaran terbaru. Di mana hal itu sangat tidak diperlukan apabila ponsel yang lama saja masih bisa digunakan. Kecuali jika memang ponsel yang lebih canggih dapat bermanfaat untuk mendapatkan penghasilan atau menebar manfaat kepada orang-orang, barulah bisa membelinya karena merupakan suatu kebutuhan.

 

Lebih Sering Bersedekah

Pernah mendengar pernyataan tentang dari setiap rezeki yang kita punya, 2,5 persennya adalah milik orang lain? Yap, islam merupakan agama yang sangat adil dan tidak egois, sehingga setiap umatnya yang memiliki rezeki berlebih harus melakukan sedekah yang mana juga merupakan cara mengatur keuangan dalam rumah tangga. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan sedekah ini, salah satunya adalah mendapatkan kebahagiaan.

Sudah terbukti bahwa ketika kita berbagi dengan orang lain, dan orang tersebut menerima dengan sangat baik, maka ada semacam kelegaan dan kebahagiaan yang akan kita rasakan. Dengan begitu, hati menjadi lebih tenang dan lebih lapang dalam menjalani kehidupan.

 

Menghindari Kebiasaan Berhutang

Ketika dalam kondisi keuangan yang sangat sulit, akan banyak sekali godaan yang membuat seseorang dapat berbuat khilaf. Godaan tersebut salah satunya adalah kebiasaan berhutang yang kini menjadi suatu hal yang biasa. Faktanya, berhutang sangat tidak diperbolehkan kecuali memang sudah amat sangat kepepet.

Karena berhutang bisa jadi suatu penghambat rezeki yang akan membuat buruk keadaan perekonomian kita. Apalagi jika hutang tersebut ditambahi dengan bunga-bunga yang tidak masuk akal. Untuk itu cara mengatur keuangan dalam rumah tangga salah satunya adalah menghindari namanya hutang.

Niat hati yang tadinya ingin memperbaiki keadaan, justru akan semakin sulit ke depannya karena hutang tersebut. Hutang adalah sebuah beban yang apabila tidak dilunasi dengan segera akan menimbulkan masalah baik di dunia maupun di akhirat.

Suatu saat nanti, hutang tersebut pun akan dipertanggungjawabkan oleh diri kita masing-masing. Sehingga jangan pernah melakukan perbuatan yang satu ini jika memang tidak benar-benar dibutuhkan. Apalagi jika hanya untuk memaksakan gaya hidup yang terbilang mewah, hal ini sangat tidak dianjurkan.

Itulah sekian pembahasan mengenai cara mengatur keuangan dalam rumah tangga yang harus kamu pahami. Menghindari hal-hal yang berlebihan sangatlah penting karena Allah SWT sangat tidak senang dengan segala sesuatu yang berlebihan. Dengan mempraktekkan cara-cara di atas, hidup berumah tangga yang dijalani bisa lebih bahagia dan memiliki keberkahan meskipun tidak hidup dengan cara yang mewah. Ada kalanya kehidupan yang sederhana justru lebih baik daripada hidup yang mewah tapi terlilit banyak hutang dan menyusahkan keluarga.

Comments are closed.