Doa Umroh Mulai Keluar Rumah Hingga Masuk Masjidil Haram

Doa Umroh Mulai Keluar Rumah Hingga Masuk Masjidil Haram – Umroh merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW pada siapapun yang mampu melaksanakannya. Secara syar’i, umroh memiliki artian yaitu mengunjungi kota Mekkah untuk melakukan ibadah, doa dan sunnah seperti Thawaf dan Sa’i. Umroh, dengan kata lain adalah berkunjung ke Baitullah dengan syarat tertentu yang harus dipenuhi. Berbeda dengan haji, umroh berarti mengunjungi sehingga waktunya bisa kapan saja tidak ada yang menentukan. Jadi untuk umroh, tidak harus saat bulan Dzulhijjah saja. Dalam satu tahun, anda bisa melakukan umroh kapan saja dan di hari apa saja.

Untuk keselamatan diri, ada baiknya anda mengamalkan doa umroh sebelum melakukan ibadah ini. adapun doa doa umroh secara lengkap, mulai dari anda keluar meninggalkan rumah, hingga masuk ke masjidil haram pun ada doanya. Mari kita pelajari doa umroh tersebut agar ibadah yang anda lakukan mendapatkan berkah dan ridho dari Allah Ta’ala.

  1. Doa Umroh sebelum Meninggalkan Rumah

Sebelum anda meninggalkan rumah ke tanah suci, anda bisa membaca doa berikut ini :

Artinya  :

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepadaku dengan Islam dan memberi bimbingan kepadaku untuk menunaikan manasik haji di rumah-Nya dan mengerjakan umroh di tempat lambang-lambang keagungan-Nya (Masya’ir).

Ya Allah, berilah salawat atas Nabi yang tidak bisa baca dan tulis (ummi) dan atas keluarga dan para sahabatnya sekalian. Ya Allah, kepada-Mu aku menghadap dan dengan-Mu aku berpegang teguh. Ya Allah lindungilah aku dari sesuatu yang menyusahkan dan sesuatu yang tidak aku perlukan. Ya Allah, bekalilah aku dengan taqwa dan ampunilah dosaku.”

Doa di atas dibaca setelah salam dimana sebelum meninggalkan rumah hendaknya jamaah umroh melakukan solat dua rakaat untuk keselamatan.

  1. Doa Umroh Menuju Embarkasi

Sebelum menuju bandara embarkasi, ada baiknya anda membaca doa berikut ini :

Artinya :

“Dengan nama Allah aku beriman kepada Allah, Dengan nama Allah aku berlindung kepada Allah. Dengan nama Allah aku berserah diri kepada Allah, tiada daya upaya dan tiada kekuatan melainkan atas izin Allah yang Maha Luhur Maha Agung.”

  1. Niat Umroh

Artinya :

“Aku datang memenuhi panggilan-Mu untuk berhaji dan umroh.”

  1. Doa Umroh setelah Mengenakan Pakaian Ihram

Artinya :

“Ya Allah aku haramkan rambut, kulit, tubuh dan seluruh anggota tubuhku dari semua yang Kau haramkan bagi seorang yang sedang berihram, demi mengharapkan diriMu semata, wahai Tuhan pemelihara alam semesta.”

  1. Doa Umroh Memperbanyak Talbiyah dan Sholawat

Artinya :

“Aku datang memenuhi panggilanmu Ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, kemuliaan, dan segenap kekuasaan  adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu.”

  1. Doa Umroh Memasuki Kota Mekkah

Artinya :

“Ya Allah, kota ini adalah Tanah Haram-Mu dan tempat aman-Mu, maka hindarkanlah daging, darah, rambut, dan kulitku dari neraka. Dan selamatkanlah diriku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan kembali hamba-Mu dan jadikalnlah aku termasuk orang-orang yang selalu dekat dan taat kepada-Mu.”

Sesaat setelah memasuki kota Mekah, hendaknya anda membaca doa di atas.

  1. Doa Umroh Masuk Masjidil Haram

Artinya :

“Ya Allah, Engkau sumber keselamatan, daripada-Mu-lah datang keselamatan, dan kepada-Mu kembalinya keselamatan. Maka hidupkanlah kami, wahai Tuhan kami dengan selamat sejahtera dan masukkanlah kami ke dalam surga negeri keselamatan.

Maha Banyak anugerah-Mu dan Maha Tinggi Engkau wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan. Ya Allah bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu. (Aku masuk masjid ini) dengan nama Allah disertai dengan segala puji bagi Allah serta shalawat dan salam untuk Rasulullah.”

  1. Doa Umroh Saat melihat Ka’bah

Artinya :

“Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan dan wibawa pada Bait (Ka`bah) ini. Dan tambahkan pula pada orang-orang yang memuliakan, mengagungkan, dan menghormatinya di antara mereka yang berhaji atau yang berumroh dengan kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kebaikan.”

  1. Doa Umroh Melintasi Makam Nabi Ibahim

Artinya :

“Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah aku (pula) secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang menolong. Dan katakanlah (wahai Muhammad) yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.”

Demikian doa umroh yang dapat kami sampaikan, tentang doa Thawaf dan doa saat Sa’i bisa anda baca di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat dan salam Rahayu.

Artikel Bersangkutan Lainya:

  • doa keluar rumah hingga ke masjidil haram
  • Doa umroh terlengkap mulai keluar rumah hingga masuk

Comments are closed