Doa Solat Istikharah dan Tata Caranya Untuk Meminta Petunjuk

Doa Solat Istikharah dan Tata Caranya Untuk Meminta Petunjuk – Apabila manusia tengah dihadapkan pada dua pilihan, ketika manusia dihadapkan pada rasa bingung dan ragu dalam mengambil sebuah keputusan maka disunnahkan baginya untuk melakukan solat istikharah. Solat sunnah istikharah ini bertujuan untuk meminta petunjuk kepada-NYA atas keputusan terbaik apa yang harus diambil. Solat Istikharah bisa dilakukan jika kita memiliki 2 atau lebih pilihan dan kita harus memilih salah satu diantaranya. Jika timbul keraguan dalam hati, tempat kembali untuk berserah diri dan menyandarkan segalanya hanyalah kepada Allah semata.

Misalnya saja kita dihadapkan pada dua pilihan jodoh, dimana ada dua pria yang mencintai satu wanita dan si wanita bingung harus memilih siapa dikarenakan diantara keduanya sudah memenuhi kriteria untuk dijadikan suami. Nah, disini si wanita bisa melakukan solat istikharah untuk menemukan pilihan terbaik. Contoh lain, jika kita diterima kerja di dua tempat yang semuanya baik. Dengan demikian kita juga bisa melaksanakan solat istikharah. Selain itu, doa solat istikharah pun sangat penting untuk diamalkan. Karena melalui doa solat istikharah inilah keinginan kita untuk mendapatkan jawaban dari ALLAH dapat tersampaikan.

Tata Cara Solat Istikharah

  • Dimulai dengan niat :

Ushalli Sunnatal Istikharaati Rak’ataini Lillahi Ta’aala

“Saya berniat melaksanakan solat sunnah istikharah dua rakaat tulus karena Allah Ta’ala”

  • Rakaat pertama, bacalah surat al fatihah dan surat Al Kafirun
  • Rakaat Kedua, bacalah surat al Fatihah dan surat Al Ikhlas
  • Membaca doa solat istikharah setelah salam.

Doa Solat Istikharah dan Artinya

Allaahumma inni astakhiiruka bi’ilmika, wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadhlikal azhiim. Fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wata’lamu wa laa a’lamu, wa anta allaamul ghuyuub.

Allaahumma inkunta ta’lamu anna haadzal amra khairun lii fii diinii wama’aasyii wa ‘aaqibati amrii, ‘aajili amrii wa aajilihi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarikliifiihi. Wa inkunta ta’lamu anna haadzal amra syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibatu amrii ‘aajili amrii wa aajilihi fashrif annii washrifni ‘anhu waqdur liyal khairahaytsu kaana tsumma ardhinii bihi, innaka ‘alaa kulli syai-in qadiir

ARTINYA :

“Ya Allah, aku memohon petunjuk memilih yang baik dalam pengetahuanMu, aku mohon ditakdirkan yang baik dengan kudratMu, aku mengharapkan kurniaMu yang besar. Engkau Maha Kuasa dan aku adalah hambaMu yang dhaif. Engkau Maha Tahu dan aku adalah hambaMu yang jahil. Engkau Maha Mengetahui semua yang ghaib dan yang tersembunyi.

Ya Allah, jika hal ini (***) dalam pengetahuanMu adalah baik bagiku, baik pada agamaku, baik pada kehidupanku sekarang dan masa datang, takdirkanlah dan mudahkanlah bagiku kemudian berilah aku berkah daripadanya.

Tetapi jika dalam ilmuMu hal ini (***) akan membawa bencana bagiku dan bagi agamaku, membawa akibat dalam kehidupanku baik yang sekarang ataupun pada masa akan datang, jauhkanlah ia daripadaku dan jauhkanlah aku daripadanya. Semoga Engkau takdirkan aku pada yang baik, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas setiap sesuatu.”

Sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW, doa solat istikharah ini insya Allah dapat memberikan jawaban atas kebingungan anda menurut kehendak Allah SWT. Demikian semoga bermanfaat untuk anda. Salam Rahayu.

Comments are closed