Doa Nabi Ayub Memohon Kesembuhan Saat Sakit Parah

Doa Nabi Ayub Memohon Kesembuhan Saat Sakit Parah – Nabi Ayub adalah seorang Nabi yang diberikan ujian berupa penyakit yang sangat parah. Ujian ini diberikan untuk menguji kesabaran Nabi Ayub selama hidup di dunia. Atas ujian ini terbukti bahwa Nabi Ayub adalah manusia paling sabar di dunia ini. Dan kesabaran Nabi Ayub inilah yang menjadi panutan bagi manusia di dunia. Bahkan dalam sebuah hadist pernah menerangkan bahwa malaikat pun mengakui kesabaran Nabi Ayub sambil berkata : Sesunguhnya sejauh mana ibadah mereka. Salah satu malaikat berkata : Tidak ada di muka bumi ini orang yang lebih baik dari pada Nabi Ayyub dalam kesabaran serta ketaatan pada Tuhanya (HR Muslim).

Doa Nabi Ayub Memohon Kesembuhan pada Allah SWT

ROBBAHU ANNII MASSANIYAD ALDHDHURRU WA ANTA ARHAMUR ARRAAHIMIINA

Yang Artinya :

Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit serta Engkau ialah Tuhan Yang Maha Penyayang

Allah pun mengabulkan permintaan Doa Nabi Ayub sambil berkata dalam firman-NYA yang bunyinya :

FAISTAJABNAA LAHU FAKASYAFNAA MAA BIHI MIN DHURRIN WAATAYNAAHU AHLAHU WAMITSLAHUM MA’AHUM RAHMATAN MIN ‘INDINAA WADZIKRAA LIL’AANIDIINA

Yang Artinya :

Maka Kami memperkenankan seruannya, Dan kemudian Kami lenyapkan penyakit padanya dan Kami kembalikan keluarga padanya, serta Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami serta menjadi peringatan bagi semua orang.

Doa Nabi Ayub mengandung begitu banyak hikmah, yaitu apabila kita mendapatkan cobaan dari Allah maka kita hendaknya bersabar dan tetap bertaqwa serta beriman kepada Allah SWT. Karena sesungguhnya Allah selalu bersama orang-orang yang sabar (Baca surat Al Baqarah ayat 153). Padahal sakit termasuk juga anugerah Tuhan karena bisa menyadarkan kita akan kematian, bisa mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Serta bisa mengurangi dosa-dosa kita kepada Allah. Sakit panas sehari semalam, bisa menghilangkan dosa selama setahun.

Sesuai hadist Rasulullah SAW :

Dan tidak ada ada seorang mukmin yang ditimpa oleh lelah, risau fikiran, penyakit, atau sedih hati, sampai pun apabila terkena duri, melainkan semua penderitaan tersebut akan di jadikan sebagai penebus dosa-dosanya, jika meninggal akan terlepas dari siksa kubur.  (HR Bukhari, Muslim)

Itulah doa Nabi Ayub meminta kesembuhan kepada Allah SWT. Semoga bermanfaat untuk anda dan salam Rahayu.

 

Artikel Bersangkutan Lainya:

  • doa nabi ayub sakit selama
  • doa nabi luth saat sakit

Comments are closed