Doa Nabi Adam Memohon Ampun Pada Allah

Doa Nabi Adam Memohon Ampun Pada Allah – Nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah dan ditempatkan di Surga. Meski Nabi Adam terbuat dari tanah, namun begitu mulianya Nabi Adam hingga malaikat dan setan diperintahkan Allah untuk menyembah Adam. Betapa nikmatnya hidup di surga, namun Nabi Adam tetap merasa sedih dan kesepian. Hingga akhirnya Allah menciptakan Siti Hawa sebagai pendamping hidupnya selama di surga. Siti Hawa diciptakan dari Tulang Rusuk Nabi Adam. Namun kisah mereka tak seindah kehidupan surga, karena rasa dendam Iblis pada Adam hingga membuat adam terlempar dari surga Allah.

Adam dan Hawa sudah dilarang oleh Allah memakan buah khuldi, namun atas bujukan setan keduanya pun nekat memakan buah larangan tersebut. Padahal sebelumnya Allah telah melarang keras untuk mendekati pohon khuldi tersebut sebagaimana dalam firman-NYA :

“Bukankah Aku telah melarang kamu berdua dari pohon kayu itu dan Aku katakan kepadamu: Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua?”

Atas langgaran tersebut, keduanya dilempar dari surga dan dipisahkan dengan jarak yang sangat jauh. Atas hukuman ini Adam selalu mengamalkan doa Nabi Adam untuk mendapatkan pengampunan dari Allah SWT serta agar bertemu kembali dengan Siti Hawa. Doa Nabi Adam ini diabadikan dalam Al Qur’an.

Bunyi Doa Nabi Adam AS mohon pengampunan

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Rabbanaa zholamnaa anfusanaa waillam tagfirlanaa watarhamnaa lanakuunanna minal khoosiriin

YANG ARTINYA :

“Ya Tuhan kami, kami telah menzhalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.”

Doa Nabi Adam dan Hawa mengandung artian bahwa begitu banyak dosa yang telah dilakukan oleh manusia, namun tak ada kata terlambat untuk meminta ampunan kepada Allah SWT. Manusia harus menyadari bahwa dosa itu adalah karena perbuatan dan kesalahanya sendiri, bukan kesalahan orang atau pihak lain. Nabi Adam tidak menyalahkan Iblis yang telah menggodanya, tapi dia menyalahkan dirinya sendiri yang telah melanggar perintah Allah untuk menjauhi pohon terlarang itu.

Selain itu, doa nabi adam juga mengajarkan kepada kita untuk tidak berputus asa dalam meminta ampunan, tak akan menyerah untuk mendapatkan rahmat dari ALLAH TA’ALA. Demikian doa nabi adam, semoga dapat membawa manfaat untuk kita semua. Salam rahayu.

Artikel Bersangkutan Lainya:

  • doa ampunan nabi adam sedih
  • doa nabi adam as untuk bertemu allah

Comments are closed