Doa Mandi Wajib Atau Doa Mandi Junub dan Tata Caranya

Doa Mandi Wajib Atau Doa Mandi Junub dan Tata Caranya – Doa mandi wajib merupakan salah satu syarat sah ketika kita melaksanakan mandi junub atau mandi jinabat. Mandi ini bertujuan untuk menyucikan diri kita dari hadast besar sehingga kita bisa beribadah kepada Allah dalam keadaan suci. Melaksanakan ibadah wajib haruslah dalam keadaan yang suci sehingga amal ibadah kita bisa diterima oleh ALLAH SWT. Hadast besar yang dimaksud disini adalah ketika anda telah melakukan hubungan seksual bersama pasangan, wanita yang sudah selesai haid, sudah selesai nifas (wanita yang sudah selesai melahirkan), pria yang telah mengeluarkan spermanya dan masih banyak lagi hadast besar lainnya.

Nah, jika kita mengalami hal-hal di atas maka anda wajib melakukan mandi junub untuk kembali suci dari hadas besar. adapun syarat anda mandi wajib diantaranya ada 3 hal, yaitu di antaranya :

  1. Membaca niat mandi wajib atau doa mandi wajib yang akan kami bagikan dalam artikel ini.
  2. Harus membasuh seluruh bagian tubuh tanpa terkecuali, yaitu dari ujung rambut hingga ujung kuku kaki. Semua harus terkena air hingga basah dan bersih.
  3. Apabila masih ada najis yang masih menempel pada tubuh, maka Anda harus memastikan najis tersebut hilang dengan membasuhnya menggunakan air, bila perlu disabun agar benar-benar bersih.

Doa Mandi Wajib dan Terjemahannya

NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAAHI TA’AALAA.

Artinya :

“Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Taala.”

Adapun doa mandi wajib ini harus anda baca sebelum anda melakukan mandi junub atau mandi wajib.

Tata cara Mandi Wajib atau Mandi Junub

  1. Pertama Anda harus membaca basmalah pada saat Anda akan memulai mandi wajib.
  2. Setelah itu, Anda harus berwudhu pada saat sebelum mandi sama seperti wudhu ketika Anda akan sholat sebagai sunat mandi wajib.
  3. Yang ketiga yaitu Anda harus membasuh atau menggosok badan Anda menggunakan tangan dengan hitungan tiga kali seperti ketika hendak berwudhu.
  4. Kemudian yang keempat adalah pastikan bahwa Anda selalu mendahulukan tangan sebelah kanan daripada tangan sebelah kiri dalam membahasuh bagian tubuh.
  5. Dan sunah mandi wajib yang kelima adalah muwalat. Muwalat sendiri berarti adalah sambung menyambung ketika Anda membasuh anggota badan Anda.

Itulah doa mandi wajib atau doa mandi junub yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk anda dan semoga berkah. Salam Rahayu.

Artikel Bersangkutan Lainya:

  • doa jinabat
  • doa mandi qunub terjemahan habis berhubungan intim

Comments are closed